Selasa, 02 Desember 2014

Statement LET, PRINT, REM, DAN READ-DATA PADA QBASIC


Statement LET, PRINT, REM, DAN READ-DATA PADA QBASIC
Kembali lagi saya memosting ya dikarenakan tuntutan tugas juga tentunya yaitu tugas individu KULIAH ALGORITMAPEMROGRAMAN QBASIC . Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai apa itu Statement INPUT-OUTPUT pada Qbasic, Statemen INPUT-OUTPUT itu terdiri dari  Statement LET, PRINT , REM , dan READ-DATA . sebenermya masih banyak lagi sih tapi di sini saya hanya membahas yang 4 itu, Bagi yang sudah tau apa itu Qbasic akan mengerti tetapi bila yang belum mengetahui sama sekali pasti kalian akan bingung dan sulit untuk memahami, tetapi jangan khawatir buat teman-teman yang ingin mengetahui dan mempelajari qbasic disini saya akan membahas mengenai Statement INPUT-OUTPUT pada Qbasic , sebelum kita memulai kita bahas sedikit mengenai Statement INPUT-OUTPUT, komputer akan menghasilkan suatu keluaran (OUTPUT) bila komputer tersebut diberi masukan (INPUT). Melalui proses pengolahan masukan inilah, akhirnya akan dihasilkan suatu informasi yang di  perlukan. Statement-Statement yang akan di jelaskan di bawah ini dipergunakan untuk mengirim data lewat keyboard ke komputer, komputer ke layar tampilan dan piranti lainnya. 


1.      Statement LET
Statement LET biasanya digunakan untuk memasukan sebuah nilai/harga kedalam suatu variabel yang mana harga/nilai dari sebuah variabel tersebut boleh berubah.
Misal  LET A = 5
LET var  = nilai/ekspresi
Contoh : 





Pada codingan yang saya buat di atas LET A = 8, LET B = 4, LET B = A, Let disini digunakan untuk  memasukan sebuah nilai kedalam suatu variabel , NAMA$ = “KELOMPOK”, maksudnya nama$ disini nama kelompok tersebut dan kita masukan perintah  PRINT nama$ “KELOMPOK” agar pas di outputnya langssung tercetak KELOMPOK dan PRINT B berarti 8  jadi nanti outputnya seperti gambar diatas.

2.      Statement PRINT
Statement PRINT digunakan untuk mencetak atau menampilkan data hasil pengolahan pada layar tampilan. Data yang ditampilkan dapat merupakan ekspresi, ekspresi adalah himpunan karakter numeric dan atau string yang dapat dipisahkan dengan (, dan ; ) pada penulisan statement PRINT dapat menggunakan pemisan (, dan ; ) untuk mengatur jarak tampilan pada layar, (,) dapat mengatur tampilan pada zona tertentu dengan jarak 11-14  (kolom). Lalu bisa menampilkan nilai dengan tabulasi untuk menampilkan sesuatu nilai di kolom tertentu dengan menuliskan posisi kolomnya.
Contoh :


Disini saya PRINT  Kelompok 9 dan saya PRINT juga “JL. RENGAS BANDUNG, RAWAKUDA KARAWANG” dan kita  masukan perintah PRINT “--------“ untuk mencetak perintah yang tadi kita masukan jangan lupa tambahkan END untuk mengakhiri program sebelum di RUN, dan outputnya karna disitu yang kita PRINT KELOMPOK 9 dan d PRINT lg JL, RENGAS BANDUNG, RAWAKUDA KARAWANG MAKA Output yang di hasilkan yaitu seperti pada gambar dibawah ini, karna perintah  PRINT berfungsi untuk mencetak maka di outputnya langsung tercetak tidak perlu kita masukan lagi variabel atau apapun.


3.      Staatement  REM
Statement REM digunakan untuk memberikan komentar, judul, penjelasan program, keterangan mengenai variabel program tanpa merubah program tersebut. Statement REM bisa diletakan dimana saja, di awal, di tengah, ataupun di akhir program.
Contoh :

Bisa kita lihat program di atas menggunakan Statement REM atau atau bisa kita artikan sebagai judul atau penjelasan program misalnya REM DINO, FAJAR, IQBAL, PUTRI sebagai penjelasan program atau judul program, Statement REM ini tidak akan tercetak di output kenapa? Karna REM itu penamaan sebuah judul atau penjelasan program , keterangan mengenai variabel program tanpa merubah program tersebut. Bisa kita liat pada output nya statemen REM tidak ter cetak


4.      Statement READ-DATA
Statement READ akan membaca nilai-nilai yang di deskripsikan atau di definisikan dalam Statement DATA kedalam variabel yang ada dalam instruksi READ. Statement READ-DATA juga dapat digunakan untuk membaca deretan nilai yang berbeda jenisnya, Statement data bisa diletakan dimana saja, akan tetapi sangat disarankan untuk menempatkan nya di awal atau akhir program agar mempermudah dalam pencariannya. Jumlah DATA harus sama atau lebih besar atau banyak dari jumlah variabel, apaabila terdapat kekurangan DATA maka BASIC akan menampilkan pesan kesalahan OUT OF DATA dan program akan dihentikan.
Contoh :
READ VAR1 (Var1,…)
DATA VAR2 (Var2,…)


OutPut

Pada codingan di atas Data nya adalah 1,2,4,6 dan READ nya var kita ibaratkan variabel A,B,C,D dan kita cetak  dengan NAMA$, cetak data yang ingin kita masukan kedalam output misal PRINT A,C,D  dan disitu A,C,D itu bisa kita liat pada DATA nya yaitu 1,4,6 sehingga output yang dihasilkan tercetak 1,4,6  .

Akhirnya sampai pada kesimpulan review materi kali ini bahwa ke empat statement input output tersebut mempunyai fungsi masing-masing dan dari ke empat statement tersebut mempunyai ketentuan yang  berbeda-beda. Materi yang saya review terbilang tidak sulit karena sudah beberapa kali diperaktekan dengan model yang berbeda-beda pula . semoga materi yang saya sampaikan bisa berguna buat teman – teman yang melihat blog ini dan bisa mengerti serta memahami sekilas tentang qbasic jika ada salah kata atau kekurangan saya mohon maaf yaw, hehehe.. sekian dan sampai bertemu lagi di postingan berikutnya ;) sampai jumpa hehehe....


1 komentar: